Menggunakan mode gelap WhatsApp mengubah warna aplikasi mesenger dari putih dan hijau menjadi warna hitam dan abu-abu yang lebih halus. Ini menjadi tidak terlalu silau pada malam hari, dan membuat WhatsApp lebih nyaman digunakan dalam kondisi remang.


Layar yang lebih gelap juga menggunakan lebih sedikit daya (terutama jika perangkat Anda memiliki layar AMOLED, seperti yang dijelaskan dalam video di bawah). Akhirnya, itu jadi terlihat keren, dan membuat perubahan yang menyegarkan dari antarmuka serba putih. Selalu bagus untuk memiliki lebih banyak pilihan.


Sumber daya yang baru ditemukan di WhatsApp Beta menunjukkan bahwa pengembangnya merencanakan beberapa perubahan pada mode gelap, termasuk menyesuaikan warna gelembung teks untuk meningkatkan kontras dengan latar belakang hitam aplikasi.


Namun, bahkan setelah perubahan ini diterapkan, proses mengaktifkan mode gelap akan tetap sama. Inilah cara melakukannya ...


MODE GELAP WHATSAPP UNTUK ANDROID

Mode gelap WhatsApp juga tersedia untuk pengguna Android, dan mengaktifkannya sederhana.


  1. Buka menu aplikasi
  2. Klik 'Pengaturan'
  3. Klik 'Obrolan'
  4. Klik 'Tema'
  5. Pilih 'Gelap' 

Jika Anda menggunakan mode gelap seluruh sistem ponsel Anda untuk mengubah warna semua aplikasi Anda, anda harus memilih "Default sistem" maka whatsapp akan secara otomatis menyesuaikan.


MODE GELAP WHATSAPP UNTUK IPHONE

Setelah Anda menerima pembaruan terbaru, mengaktifkan mode gelap WhatsApp sesederhana di Android:


  1. Buka menu aplikasi
  2. Klik 'Pengaturan'
  3. Klik 'Obrolan'
  4. Klik 'Tema'
  5. Pilih 'Gelap' 

Sekali lagi, Anda harus memilih 'Default sistem' jika anda sudah mengatur mode gelap ponsel anda.


MODE GELAP WHATSAPP UNTUK DESKTOP

WhatsApp juga mendapatkan pembaruan mode gelap untuk desktop, seperti yang ditemukan pengembang Mahesh B Wijerathna saat menelusuri CSS (cascading style sheet) untuk situs web.


Mode gelap desktop tampaknya belum sepenuhnya selesai (emoji berwarna putih di latar belakang transparan) tetapi paletnya cocok dengan aplikasi Android dan iOS.


Ini belum tersedia untuk versi beta, dan tidak dirilis bersamaan dengan mode gelap iPhone dan Android, tetapi Anda dapat membuat ulang efek serupa menggunakan plugin gratis yang disebut Stylus untuk Firefox dan Chrome , yang memungkinkan Anda membuat lembar gaya khusus untuk situs individu.


Pengguna Vednoc telah membuat lembar gaya gelap khusus untuk digunakan dengan web WhatsApp, yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Ini tidak ada kaitan dengan versi resminya, tetapi memberikan efek keseluruhan yang serupa.


Seperti apa mode gelap WhatsApp itu

Mode gelap WhatsApp sebagian besar berwarna abu-abu, dengan aksen hijau dan pesan status berwarna kuning.


Sebelum rilis beta muncul, sepertinya kami akan melihat setidaknya dua mode gelap yang berbeda - salah satunya akan dioptimalkan untuk layar AMOLED. Aset yang tersimpan di APK sebelumnya menunjukkan bahwa akan ada hingga tiga varian yang tersedia, termasuk satu dengan latar belakang hitam pekat. Piksel hitam ini akan dimatikan pada layar AMOLED, membantu menghemat daya sebanyak mungkin.


Namun, ternyata tidak demikian. Sebaliknya, WhatsApp mengatakan para perancangnya menghabiskan waktu mereka untuk menyempurnakan tampilan yang akan meningkatkan keterbacaan sambil membuat elemen antarmuka yang berbeda menjadi jelas dan berbeda.


"Saat memilih warna, kami ingin meminimalkan kelelahan mata dan menggunakan warna yang lebih mirip dengan default sistem pada iPhone dan Android," kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog . 


"Kami ingin membantu pengguna dengan mudah memfokuskan perhatian mereka pada setiap layar. Kami melakukan ini dengan menggunakan warna dan elemen desain lainnya untuk memastikan informasi yang paling penting menonjol."


Apa lagi yang akan datang?

Mode gelap WhatsApp akhirnya tiba, tetapi sepertinya ada lebih banyak pembaruan yang akan datang ke WhatsApp dalam waktu dekat.


Berdasarkan screengrabs yang bocor, sepertinya Anda dapat menyetel pesan supaya dapat dihapus setelah jangka waktu antara lima menit dan satu jam. Aplikasi mesenger saingan Facebook Messenger, Telegram dan Signal sudah menawarkan fitur serupa, jadi ini merupakan tambahan yang terlambat untuk WhatsApp.


Rilis beta juga mengungkapkan opsi baru yang memungkinkan Anda menyembunyikan pembaruan sepenuhnya dari kontak yang dibisukan. Saat ini, jika Anda menonaktifkan kontak, pembaruan mereka akan tampak berwarna abu-abu, tetapi masih terlihat. Saat pembaruan baru diluncurkan, Anda akan dapat menyembunyikannya sepenuhnya, dan hanya melihatnya jika Anda mau.


Satu hal yang tidak kami harapkan dalam waktu dekat adalah masuknya iklan secara tiba-tiba . Perusahaan induk Facebook baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka membubarkan tim yang sedang mengerjakan cara untuk memasukkan iklan ke dalam obrolan grup Anda. 


Perusahaan masih bermaksud untuk memasukkan iklan ke dalam fitur Status WhatsApp yang jarang digunakan (yang sangat mirip dengan Cerita di Facebook dan Instagram) tetapi Anda tidak akan menemukan diri Anda dibombardir dengan pesan promosi dalam waktu dekat.


Cara lain untuk memperpanjang masa pakai baterai di WhatsApp

Salah satu alasan utama Anda mungkin ingin mencoba mode gelap untuk WhatsApp adalah untuk memperpanjang masa pakai baterai, tetapi ada cara lain untuk membuat aplikasi tidak terlalu menghabiskan daya tanpa beralih.


Jika Anda tidak menyukai pilihan warna WhatsApp untuk mode gelap, Anda dapat membuat beberapa penyesuaian sendiri untuk menyesuaikan tampilan. Masuk ke pengaturan aplikasi, pilih 'Obrolan' dan ketuk 'Wallpaper', lalu pilih 'Warna solid' dan pilih sesuatu yang lebih gelap dari latar belakang abu-abu pucat standar.


Ini tidak akan mengubah warna gelembung pesan, menu, dan elemen antarmuka lainnya, tetapi penelitian Google telah menemukan bahwa piksel hitam menghabiskan daya yang jauh lebih sedikit daripada warna lain.



Secara default, WhatsApp akan mengunduh banyak file di latar belakang, yang benar-benar dapat menguras baterai ponsel Anda, sehingga Anda juga dapat menghemat daya dengan membuka pengaturan WhatsApp dan memilih 'Penggunaan data dan penyimpanan'.


disini. Anda dapat memilih kapan media harus diunduh (saat Anda menggunakan data seluler, saat Anda tersambung ke Wi-Fi, dan saat Anda roaming). Jika Anda mematikannya, video dan gambar yang dikirim dalam pesan hanya akan diunduh ketika Anda mengetuknya.


Mengaktifkan mode hemat daya ponsel Anda sendiri adalah cara lain untuk membuatnya bertahan lebih lama di antara pengisian daya. Bergantung pada pengaturan mana yang Anda pilih, ini dapat menurunkan kecerahan layar Anda, menghentikan pengiriman aplikasi dan menerima data ketika mereka berjalan di latar belakang, dan membatasi kecepatan CPU. Terserah Anda apakah Anda bersedia menerima performa terbaik untuk memperpanjang masa pakai baterai Anda.