Bulan Maret telah menjadi bulan untuk ponsel gaming , dan setelah peluncuran Asus ROG Phone 5 dan Nubia Red Magic 6 , Xiaomi Black Shark 4 juga telah diluncurkan, di acara peluncuran di Tiongkok.

Black Shark 4, yang dipamerkan bersama model Pro kelas atas, adalah salah satu smartphone paling menarik yang pernah kami lihat, karena telah menghilangkan banyak konvensi ponsel game yang biasa kami lihat. Apakah itu baik atau buruk? Kami harus mengujinya untuk mencari tahu.

Kami akan memandu Anda melalui spesifikasi Black Shark 4 dan 4 Pro di bawah ini, sehingga Anda dapat melihat seperti apa spesifikasinya, dan apa yang dilakukan Xiaomi untuk melakukan perbedaan.

Black Shark baru


Baik Black Shark 4 dan 4 Pro memiliki layar 6,67 inci, dengan resolusi FHD +, kecepatan refresh 144Hz, dan kecepatan input sentuh 720Hz yang tajam. Yang terakhir ini adalah spesifikasi yang relevan dengan cara Anda menggunakan ponsel game - ini mengacu pada seberapa sering sentuhan Anda terdaftar di layar, berguna untuk reaksi cepat dalam game. Kami belum pernah melihat satu sentuhan 720Hz, atau 720 kali per detik, sebelumnya.

Layar dipecah oleh 'lubang-lubang' untuk kamera depan, dan ini adalah sesuatu yang tidak benar-benar dilakukan oleh ponsel gaming, seperti biasanya kamera depan ditempatkan di bezel di bagian atas ( meskipun sebagian besar kapal modern menggunakan pemutusan hubungan kerja). Akibatnya, layar real estate memiliki sedikit chip yang hilang, meskipun bezelnya jauh lebih tipis.

Sementara Black Shark 4 Pro memiliki chipset Snapdragon 888 kelas atas, model non-Pro tidak - melainkan menggunakan Snapdragon 870, yang merupakan sedikit penurunan dari 888 di beberapa area. Karena ponsel game selalu menggunakan prosesor teratas yang tersedia bagi mereka, anehnya itu bukan kasus Black Shark 4, dan bisa menjadi ukuran untuk menjaga harga tetap rendah.

Spesifikasi teratas yang dimiliki kedua ponsel adalah pengisian cepat 120W, dipasangkan dengan baterai 4.500mAh, yang menurut Black Shark akan mengisi daya ponsel hingga penuh hanya dalam waktu kurang dari 15 menit. Kedua ponsel juga memiliki jack headphone 3.5mm.


Kedua ponsel memiliki tiga kamera belakang - Pro memiliki kamera utama 64MP dan non-Pro memiliki kamera utama 48MP. Ini digabungkan dengan pengiring 8MP dan 5MP, meskipun kami belum tahu apa yang dilakukan ekstra ini.

Lantas dengan downgrade chipset, apa yang membuat Black Shark 4 bagus untuk gaming? Satu hal besar adalah pemicu fisiknya, yang berada di badan ponsel, tetapi dapat 'muncul' saat Anda ingin bermain, yang membuatnya bangkit dan berubah menjadi tombol yang dapat ditekan. Ini tentunya cara baru untuk mendapatkan pemicu fisik di ponsel, dan yang kami nantikan untuk diuji.

Tampaknya pemicu ini juga dapat digunakan untuk tugas lain, karena selama acara peluncuran ditunjukkan bagaimana pemicu tersebut dapat digunakan untuk mengakses informasi pribadi dengan cepat (pikirkan kartu nirkontak dan alat NFC lainnya).

Selain chipset, perbedaan besar antara Black Shark 4 dan 4 Pro tampaknya terletak pada desain - model Pro terlihat memiliki pola 'X' besar di bagian belakang, dengan LED yang menyala, sedangkan model non-Pro tampak hilang. LED, dan juga memiliki punggung polos untuk beberapa konfigurasi.

Akhirnya Shark Space, mode yang berfokus pada game yang mematikan notifikasi dan mendedikasikan semua kekuatan ponsel untuk bermain game, tampaknya telah memiliki beberapa peningkatan untuk Black Shark 4. Yaitu, tampaknya ada lebih banyak pengaturan dan mode non-game, sebagai antarmuka menunjukkan lebih banyak pilihan.

Harga Black Shark 4 mulai dari CNY 2.499 (diubah menjadi sekitar $ 380, £ 280, AU $ 500) untuk versi dengan penyimpanan 128GB tetapi hanya RAM 6GB; yang naik hingga CNY 2.699 (sekitar $ 410, £ 300, AU $ 540) untuk mengubah RAM itu hingga 8GB dan CNY 2.999 (sekitar $ 460, £ 330, AU $ 600) untuk RAM 12GB. Anda bisa mendapatkan RAM 12GB dan penyimpanan 256GB seharga CNY 3,299 (sekitar $ 510, £ 370, AU $ 660).

Kemudian konfigurasi terkecil Black Shark 4 Pro adalah RAM 8GB dan penyimpanan 256GB, yang harganya CNY 3.999 (sekitar $ 610, £ 440, AU $ 800), dan RAM itu dapat naik hingga 12GB seharga CNY 4.499 (sekitar $ 690, £ 500, AU $ 900). ). Ada juga RAM 16GB, model penyimpanan 512GB seharga CNY 5.299 (sekitar $ 810, £ 590, AU $ 1.060).