Cara Instal Wordpress Secara Manual di Webuzo Free Lisense, Wordpress adalah CMS yang sangat populer dan sangat banyak yang telah menggunkan CMS ini, untuk membuat blog pribadi maupun blog untuk bisnis, untuk menginstal Wordpress secara manual ikuti langkah-langkah dibawah.


Untuk tambahan informasi, sebenarnya webuzo telah menyediakan Instal wordpress dengan sangat mudah dan hanya butuh beberapa klik saja..namun itu hanya tersedia untuk Webuzo versi berbayar, sedangkan untuk Webuzo yang gratis kita harus menginstal sendiri secara manual.


sebab itu saya akan membagikan bagaimana caranya menginstal Wordpress secara manual untuk pengguna Webuzo yang versi gratis, sehingga kita tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan.


Tutorial Cara Instal Wordpress Secara Manual di Webuzo Free Lisense.


  • 1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload file CMS Worspress, kita bisa mendownloadnya disini , setelah selesai di download, Extract file tersebut menggunakan (Winrar/Winzip/7zip)
  • 2. Buka Program Filezilla/FTP kamu, kemudian aksen FTP VPS kamu

dengan detail login seperti gambar berikut ini


  1. Host: IP VPS/IP Server Anda
  2. Username: Username Webuzo Anda
  3. Password: Password Webuzo Anda
  4. Isi Port dengan : 22

Lalu klik Quickconnect


Jika sudah tersambung silahkan Upload file Wordpress  yang sudah kamu Extract tadi ke directory /public_html/ atau di directory Domai kamu

  • 3. Langkah selanjutnya kita perlu membuat Database untuk Wordpress, silahkan login ke Webuzo       dengan mengakses http://alamatIP:2002, lalu pilih menu Add Database, lihat gambar


Selanjutnya kita akan dibawa ke halaman baru untuk membuat Database, isikan nama Database yang kamu inginkan ke form "New Database" misalnya kita akan membuat nama Database "Contoh" Setelah itu tekan tombol “Create”


Jika sudah selesai membuat nama Database, kemudian kita klik “Add User to Database“ karena kita perlu membuat User untuk database yang baru saja kita buat.


New User: User Database Untuk WordPress. User database bukan user WordPress. Isi dengan username sesuai keinginan

Password: Password Database WordPress. Isikan dengan password yang Anda inginkan, pastikan password aman dan jangan sampai lupa.

Setelah itu tekan tombol “Create”.


kemudian kita perlu memberi hak akses untuk Database dan User yang telah kita buat tadi, gulir kebawah maka kita akan melihat menu “Add User to Database“ Pastikan username & nama database sudah sesuai yang kita buat sebelumnya, lalu tekan tombol “Add“.


Setelah klik tombol Add maka kita akan melihat tampilan sebagi berikut


Berikan hak akses/privilege eksekusi untuk user tersebut supaya user yang tadi kita buat bisa memodifikasi database yang kita buat sebelumnya. dengan mencentang pada kolom “All“, lalu tekan tombol Submit Changes.


Proses membuat Databse dan User sudah selesai,

4. Sekarang waktunya kita menginstal worpress, akses Domain kamu pada Browser, maka kita akan melihat tampilan sebagi berikut


maka kita akan dibawa pada halaman berikutnya, lalu tekan Let’s Go!

Kemudian pada halaman berikutnya kita diminta untuk mengisi konfigurasi database untuk WordPress kita

Isikan form sebagai berikut:
– Database Name: Isikan dengan nama database yang telah kita buat sebelumnya
– Username: Isikan dengan user database yang telah kita buat sebelumnya
– Password: Isikan dengan password user database yang telah kita sebelumnya
– Database host: localhost
– Table Prefix: wp_
Setelah itu tekan tombol Submit.

Pada halaman berikutnya, tekan tombol Run the Installation.


Selanjutnya kita akan melihat halaman Instalasi wordpress kita, di halaman ini kita perlu mengisi nama blog, password dan email yang akan digunakan untuk login Worpress kita


*Site title: Judul Blog/Website Anda
*Username: Username admin WordPress Anda
*Password: Password admin WordPress
*Your email: Alamat email Anda.
*Search Engine Visibility: Jangan dicentang, kecuali jika Anda ingin web Anda tidak masuk Google.
Setelah itu tekan tombol Install WordPress.

5. Cukup sampai disini, Instal Worpress kita sudah selesai


Kita sudah berhasil menginstal Wordpress secara manual di Webuzo versi gratis, sekarang kita sudah bisa mengakses blog kita dengan mengetikan nama domain di browser kita, Untuk mengakses WordPress Admin, masukkan url http://www.domainanda.com/wp-admin/. Lalu login dengan username & password wordpress yang sudah kita buat pada Step 4

Demikian cara menginstal Wordpress secara manual di Webuzo versi gratis, semoga bermanfaat.