Beberapa pengguna Windows 10 mengalami masalah serius setelah rilis pembaruan "KB5001330" baru-baru ini, dengan beberapa laporan bahkan masuk bahwa pembaruan itu sendiri tidak dapat diinstal pada beberapa pc.


Awal minggu ini, Microsoft menerbitkan daftar pembaruan, termasuk Windows 10 KB5001330 untuk versi 20H2 / 2004, yang merupakan unduhan wajib yang dimaksudkan untuk menambal masalah yang disebabkan oleh pembaruan sebelumnya, termasuk masalah yang berkaitan dengan printer .


Windows Latest melaporkan bahwa berbagai posting di forum dan situs media sosialnya sendiri bahwa ini adalah masalah yang berkembang, dengan banyak pengguna tidak dapat menginstal pembaruan sama sekali.


Komentar tentang masalah ini juga tersedia di Windows Insider Feedback Hub, dengan satu pengguna menyatakan “Saya mengalami kegagalan KP5001330 yang konsisten untuk menginstal dengan kode kesalahan 0x800f0984. 


Ini terjadi di Surface Studio 2 dan Surface Pro 7 . Ini adalah bulan kedua berturut-turut, Microsoft tidak dapat melakukan pembaruan kumulatif di komputer saya. Penginstalan berhenti pada 20%, lalu 73% (berbeda dari 40% bulan lalu), lalu pada 100%, lalu gagal, ” 


Sejauh ini, pesan kesalahan berikut telah dilaporkan:


  • 0x800f081f
  • 0x800f0984
  • 0x800f0922


Masalah kinerja game dan 'Blue Screen of Death'

Pada utas Reddit tentang masalah ini , pengguna juga melaporkan bahwa video game mengalami berbagai masalah seperti grafis yang gagap, penurunan frekuensi gambar yang signifikan, dan bahkan mogok total. 


Pembaruan ditemukan menjadi penyebab masalah setelah pengguna menemukan bahwa mengembalikan pembaruan memulihkan sistem mereka kembali ke keadaan yang dapat digunakan.


"Pembaruan ini juga memberi saya masalah dalam bentuk gagap / hitching yang mencolok dalam game yang biasanya tidak pernah terjadi, dengan atau tanpa vsync pada" komentar salah satu pengguna. "Mencopot pemasangan juga memperbaiki masalah saya, dan saya mengujinya pada pemasangan terpisah untuk mengonfirmasi bahwa pembaruan memang pelakunya. Kedengarannya hampir sama dengan masalah Anda. Saya berharap Microsoft akan menyelidiki masalah ini."


bug lama membuat penampilan baru

Penyebab utama kekhawatiran adalah munculnya kembali bug Pengguna Sementara yang dilaporkan pada akhir tahun 2020, menyebabkan file dan pengaturan pengguna yang disimpan menghilang dan memaksa pengguna untuk masuk ke profil tamu. Untungnya, ini tampaknya menjadi masalah langka dengan laporan terbatas, dan di samping mengembalikan pembaruan, Anda dapat memindahkan file pengguna secara manual jika diperlukan.


Windows Latest melaporkan bahwa seorang pengguna mengklaim “Saya tidak bisa lagi masuk ke komputer saya sejak pembaruan. Dikatakan "Layanan Profil Pengguna gagal masuk. Profil pengguna tidak dapat dimuat". Jika Anda mengalami salah satu masalah yang disebabkan oleh Windows 10 KB5001330, ikuti petunjuk di bawah ini untuk mencopot pemasangan tambalan dan memulihkan perangkat Anda.


  • Open up the Settings app.
  • Click ‘Update & Security’.
  • Click ‘Windows Update’
  • Click ‘View update history’.
  • Click ‘Uninstall updates’ then select KB5001330 to uninstall it.
  • Reboot

Pembaruan Windows 10 menjadi terkenal temperamental dalam beberapa bulan terakhir, dengan masalah utama dilaporkan oleh pengguna setelah hampir setiap rilis. 


Microsoft belum memberikan komentar resmi tentang masalah ini, tetapi karena kesalahan yang ditemukan dapat dengan mudah diperbaiki dengan mengembalikan pembaruan, kami tidak menyarankan untuk menghindari tambalan sama sekali.